Aksi Peduli Lingkungan Dan Penanaman Pohon Buah Dalam Mewujudkan Kesinambungan Bumi Di Dekat Kawasan Wisata Bendungan Dam Rejo (BDR) Sanenrejo

Authors

  • Maria Ulfa Universitas Jember
  • Arifatus Solehah Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.58355/engagement.v2i1.18

Keywords:

Hutan, Penanaman Pohon Buah, Pelestarian Lingkungan, Kepedulian Warga

Abstract

Permasalahan yang ditemui di lapangan ialah terkait masih terjadi beberapa penebangan liar yang dilakukan oleh masyarakat di kawasan hutan Taman Nasional Meru Betiri, kejadian bencana yang sering terjadi seperti halnya banjir bandang dan longsor serta minimnya pemanfaatan lahan yang ditanami pohon buah. Oleh sebab itu, mahasiswa Pendidikan Geografi Universitas Jember mencari solusi pemecahan masalah dalam mengatasi problematika yang terjadi di lapangan dengan melakukan aksi penanaman bibit pohon buah yang diharapkan bisa dimanfaatkan hasilnya oleh warga sekitar. Solusi yang diambil ini sangat penting untuk kegiatan pengabdian masyarakat demi mewujudkan kesadaran serta kepedulian dalam menjaga bumi. Selanjutnya untuk metode pengabdian yang dilaksanakan disini melalui survey lapangan dan diskusi terkait cara untuk menyelesaikan permasalahan di lokasi. Hasil pengabdian yang telah dilakukan menunjukkan bahwasannya peran peserta dalam aksi penanaman bibit pohon buah ini sangat baik dan bahkan mengapresiasi kegiatan pengabdian ini. Oleh karena itu, melalui antusias masyarakat yang tinggi dalam pengabdian ini sangat diperlukan agar masyarakat dekat hutan senantiasa menjaga alamnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiansah, W., Apsari, N. C., & Raharjo, S. T. (2019). Resolusi Konflik Agraria di Desa Genteng Kecamatan Sukasari Kabupaten Sumedang. Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik, 1(1), 1–10.

Afriani, J., & Nurwiyoto, N. (2022). Menanam Pohon Guna Menciptakan Kepeduliaan Masyarakat Terhadap Lingkungan di Kelurahan Betungan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (JIMAKUKERTA), 2(1), 66–70.

Firmana, C., & Widjayanthi, L. (2021). Partisipasi Petani terhadap Program Rehabilitasi Lahan Rehab Kawasan Meru Betiri di Desa Wonosari Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember. Jurnal Kirana, 1(2), 1(2), 105–116.

Handini, A., Rahmawati, N. A., & Imani, S. K. (2021). Pelatihan Penanaman Pohon guna Mewujudkan Lingkungan Panti Asuhan Yatim dan Dhuafa Mizan Amanah Ciputat yang Lebih Asri. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1(1).

Ikhsani, H., Azwin., & Ambar, T. R. (2021). Penanaman Pohon Sebagai Bentuk Kepedulian Terhadap Lingkungan di Perumahan Bukit Permata Sumbari II Kota Pekanbar. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 421–426.

Prabowo, R. U., Atik, Q. U., Adelia, J. W., Amanda, M., Ella, P. M., Siti, N., Dimas, B. Z., & Djoko, S. (2022). Aktualisasi Peningkatan Ekonomi Masyarakat Melalui Pemberdayaan Pokmas Betiri Sejahtera Lestari di Desa Sanenrejo. INTEGRITAS: Jurnal Pengabdian, 6(1), 134–144.

Ratnasari, T., Arif, M. S., & Hari, S. (2022). Pengembangan Minyak Kemiri Sebagai Upaya Diversifikasi Produk Hasil Hutan Non Kayu Dalam Peningkatan Kerjasama Ekonomi Masyarakat Desa Sanenrejo Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(4), 223–227.

Downloads

Published

2023-02-17

How to Cite

Ulfa, M., & Solehah, A. (2023). Aksi Peduli Lingkungan Dan Penanaman Pohon Buah Dalam Mewujudkan Kesinambungan Bumi Di Dekat Kawasan Wisata Bendungan Dam Rejo (BDR) Sanenrejo. ENGAGEMENT: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 39–46. https://doi.org/10.58355/engagement.v2i1.18