Pengembangan Kognisi Warga Pulau Lingka Dalam Menerapkan Pola Hidup Sehat

Authors

  • Luhut El Roy Manalu Sekolah Tinggi Teologi Real Batam
  • Puja Maharani Sijabat Sekolah Tinggi Teologi Real Batam
  • Rayanci Sitanggang Sekolah Tinggi Teologi Real Batam
  • Marta Naomi Hutahaean Sekolah Tinggi Teologi Real Batam
  • Jerni Pasaribu Sekolah Tinggi Teologi Real Batam
  • Desy Yoseplin Tambunan Sekolah Tinggi Teologi Real Batam
  • Rustina Sitorus Sekolah Tinggi Teologi Real Batam
  • Dewi Sartika Simorangkir Sekolah Tinggi Teologi Real Batam
  • Marta Rajagukguk Sekolah Tinggi Teologi Real Batam
  • Helentina Sihotang Sekolah Tinggi Teologi Real Batam
  • Yohana Enggrrid Siregar Sekolah Tinggi Teologi Real Batam

DOI:

https://doi.org/10.58355/engagement.v2i1.20

Keywords:

Pengembangan, Kognisi, Pulau Lingka, Pola Hidup Sehat

Abstract

Tujuan dari kegiatan PkM yang dilakukan di Pulau Lingka ini adalah untuk memberikan pemahaman dalam Menjaga Pola Hidup Bersih dan Sehat. Kegiatan ini dilakukan dengan beberapa metode yang dapat merangsang warga untuk turut menerapkan pola hidup bersih dan sehat,  yaitu melalui  sosialisasi mengenai  pola hidup bersih dan sehat, serta melakukan pendampingan kepada orang tua dan anak-anak di Pulau  Lingka. Berdasarkan hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat di tanggal 27 Mei 2020 dengan warga berjumlah 26 orang. Dalam kegiatan ini, tim PkM berhasil membuka wawasan  warga dan anak-anak mengenai cara menjaga pola hidup bersih dan sehat di pulau Lingka. Dan warga menyadari betapa pentingnya menjaga pola hidup bersih dan sehat demi kebersihan,  Kesehatan, dan kenyamanan  bersama.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amaliah, andi tri rezki. “distribusi spasial kasus kecacingan (ascaris lumbricoides) terhadap personal higiene anak balita di pulau kodingareng kecamatan ujung tanah kota makassar tahun 2016.” Higiene 2, no. 2 (2016): 1–7.

Nurrokhman, agus. “pembinaan penanganan limbah sampah dan plastik terhadap ekosistem laut di wilayah pantai untung jawa kepulauan seribu.” Jurnal dibrata 2, no. 1 (2021): 100–106.

Sianipar, herman febrianty. “demonstrasi pentingnya cuci tangan pakai sabun untuk mencegah pertumbuhan mikroba.” Jurnal altifani 1, no. 1 (2021): 7.

Sondita, m. Fedi a. “a comparison of level of development among coastal and non-coastal communities in north sulawesi and south sumatra.” Jurnal pesisir dan lautan 2, no. 1 (1999): 3–14.

Tang, sukiantono. “pengolahan sampah di daerah pesisir pantai setokok untuk meningkatkan kualitas kesehatan lingkungan sekitarnya.” - 3, no. 1 (2021): 1–7.

Downloads

Published

2023-02-17

How to Cite

Luhut El Roy Manalu, L. E. R. M., Puja Maharani Sijabat, P. M. S., Rayanci Sitanggang , R. S., Marta Naomi Hutahaean, M. N. H., Jerni Pasaribu , J. P., Desy Yoseplin Tambunan , D. Y. T., Rustina Sitorus , R. S., Dewi Sartika Simorangkir , D. S. S., Marta Rajagukguk , M. R., Helentina Sihotang , H. S., & Yohana Enggrrid Siregar , Y. E. S. (2023). Pengembangan Kognisi Warga Pulau Lingka Dalam Menerapkan Pola Hidup Sehat. ENGAGEMENT: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 28–37. https://doi.org/10.58355/engagement.v2i1.20