Sosialisasi Pengelolaan Keuangan Sejak Dini Di SDN 02 Kayugeritan

Authors

  • Nadya Salsabilla ‘Aqifah UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Mai’latul Khoiriyah UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Susi Eka Apriliani UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Hendri Hermawan Adinugraha UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Ade Gunawan UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.58355/engagement.v2i2.28

Keywords:

saving, Management, Finance

Abstract

Anak-anak memiliki sifat yang cenderung memiliki ketertarikan akan suatu barang yang tidak sesuai dengan kebutuhan mereka. Dengan adanya sosialisai ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran anak-anak akan pentingnya mengelola keuangan dengan baik dan bijak. Bentuk kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pengabdian kepada siswa dan siswi adalah dengan bentuk memberikan sosialisasi dan pemahaman tentang pengelolaan keuangan sejak dini. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan pemaparan materi, diskusi tanya jawab, dan evaluasi. Dari penelitian atau pengabdian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pengetahuan tentang pengelolaan keuangan yang telah disosialisasikan dapat berdampak positif kepada siswa siswi. Dampak positif yang dapat mempengaruhi siswa dan siswi antara lain yaitu siswa dan siswi mampu mengelola uang yang dimilikinya dengan bijak dan dapat menurunkan tingkat sikap konsumtif. Mengelola keuangan dengan baik sejak dini merupakan langkah penting untuk mencapai stabilitas keuangan jangka Panjang. Salah satu cara untuk mengelola keuangan dengan baik sejak dini yaitu dengan menabung. Menabung adalah pembelajaran yang efektif dalam berhemat dan berencana, menabung berarti menyisihkan sebagian uang yang dimiliki untuk disimpan dalam jangka waktu tertentu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amini, Aisyah, Qorry Triyulindra, Ahmad Dhia, and Hendri Hermawan. 2022. “Sosialisasi Penyusunan Laporan Keuangan Sederhana Menggunakan Microsoft Excel Pada Pengurus TPQ Baiturrohmah Desa Karangsem.” 3(2):79–83.

Amna, Fikrotul, Sintiana Rizki, Umi Kholilah, Ria Anisatus Sholihah, and Hendri Hermawan. 2022. “Sosialisasi Pembuatan Laporan Keuangan Kegiatan Pkk Di Desa Pesaren.” 3:41–48.

Andreanto, Muhammad Umar, Jihan Mifta Sabila, Abdillah Fawaz, and Hendri Hermawan. 2023. “PIRAMIDA : Jurnal Pengabdian Masyarakat DISSEMINATION OF DIGITAL-BASED LITERACY TO THE COMMUNITY ISLAMIC Sosialisasi Literasi Keuangan Syariah Berbasis Digital Terhadap Masyarakat.” 2:37–43.

Diana Sari, Dian Antini, Didik Himmawan, & Ibnu Rusydi. (2022). Pengabdian Masyarakat melalui Sosialisasi Mini Bank Dalam Upaya Meningkatkan Minat Menabung Bagi Anak-Anak Di Desa Rancamulya Indramayu. ENGAGEMENT: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 23–30. https://doi.org/10.58355/engagement.v1i1.1

Hidayah, Putri Salma Nur, Alya Isni Abdilah, Muhammad Taufiq Ubaidillah, and Hendri Hermawan Adinugraha. 2022. “Sosialisasi Bahaya Penggunaan Media Sosial Pada Siswa Di Sekolah Dasar Negeri 09 Wanarejan Utara.” Jumat Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat 3(2):60–65. doi: 10.32764/abdimas_if.v3i2.2630.

Margaretha, and Nisa. 2021. “Motivasi Pentingnya Menabung Sejak Usia Dini Di Desa Sei Kepayang Tengah.” Comunitaria: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.

Oktaviani, Retno Fuji, Rinny Meidiyustiani, Qodariah Qodariah, and Heni Iswati. 2022. “Edukasi Menumbuhkan Literasi Finansial Pada Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-19.” ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 5(2). doi: 10.32509/abdimoestopo.v5i2.1654.

Prasetyo, Wahyudi, and Noor. 2021. “Pelatihan Pembuatan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Sebagai Lampu Penerangan Jalan.” Jurnal Pengabdian Masyarakat.

Rahma, Filasti, Yunarsi, and Janna Meilani Ode. 2022. “Literasi Pengelolaan Keuangan Cerdas Pada Anak Usia Dini.”

Saragih, Fitriani. 2020. “PENGELOLAAN KEUANGAN MELALUI MENABUNG PADA ANAK USIA DINI DI DESA BINJAI BAKUNG KABUPATEN DELI SERDANG.”

Setiawan, Wawan. 2017. “Era Digital Dan Tantangannya.” Seminar Nasional Pendidikan.

Setiawati, Setiawati, and Refni Sukmadewi. 2022a. “Pelatihan Pengelolaan Keuangan Sejak Dini Di Panti Asuhan Putri Aisyiyah Pekanbaru.” E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2(2):1179–82. doi: 10.47492/eamal.v2i2.1549.

Setiawati, Setiawati, and Refni Sukmadewi. 2022b. “PELATIHAN PENGELOLAAN KEUANGAN SEJAK DINI DI PANTI ASUHAN PUTRI AISYIYAH PEKANBARU.”

Sugiyanto, Suhendra, Sulistiawati, Firdaus, and Budiarto. 2021. “Pemberdayaan Anak-Anak Melalui Pelatihan Karakter Building Dengan Pemanfaatan Tabungan Sejak Usia Dini Di Asrama Yatim Putra Mizan Amanah Bintaro Tangerang.” Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma Masyarakat.

Sumiyati. 2017. “Mengenalkan Pengelolaan Keuangan Pada Anak Sejak Usia Dini.” Islamic Review: Jurnal Riset Dan Kajian Keislaman V VI(1):33–51.

Wahyudi, and Linawati. 2021. “Penggunaan Alat Permainan Edukasi (Ape) Keuangan

Downloads

Published

2023-06-14

How to Cite

Nadya Salsabilla ‘Aqifah, Mai’latul Khoiriyah, Susi Eka Apriliani, Hendri Hermawan Adinugraha, & Ade Gunawan. (2023). Sosialisasi Pengelolaan Keuangan Sejak Dini Di SDN 02 Kayugeritan. ENGAGEMENT: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 95–105. https://doi.org/10.58355/engagement.v2i2.28