Pelatihan Pencatatan Akuntansi Pada UMKM Pondok Makan Sadewa Di Kawasan Kuliner Gemek Kedungwuni

Authors

  • Lutfiyah Azizah UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Dwi Sinta Amalia UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Nadia Serliyana Alfaini UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Hendri Hermawan Adinugraha UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Ade Gunawan UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.58355/engagement.v2i3.29

Keywords:

Akuntansi, Pencatatan, Keuangan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan pemahaman dan keterampilan tentang pencatatan akuntansi kepada pemilik UMKM. Serta membantu UMKM dalam mengelola keuangannya dengan lebih baik serta mempermudah pengambilan keputusan dalam bisnis. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa hal yang penting dalam UMKM adalah pencatatan keuangan. Sebagian rumah makan sudah menerapkan pencatatan akuntansi tetapi tidak secara spefisik, seperti pondok makan sadewa. Rumah makan tersebut memilih menggunakan pencatatan harian dikarenakan pencatatan bulanan dianggap terlalu rumit dan tidak efektif. Kelebihan dari pencatatan harian lebih mudah memantau pemasukan dan pengeluaran setiap hari. Tetapi cenderung tidak memiliki gambaran yang jelas tentang keuangan dalam jangka panjang, karena hanya fokus pada pencatatan harian. Pencatatan keuangan bulanan sangat penting bagi rumah makan yang hanya melakukan pencatatan harian sehingga dapat memantau pemasukan dan pengeluaran secara lebih efektif, agar bisa membuat keputusan yang lebih tepat dan cepat. Jadi pencatatan akuntansi harian maupun bulanan merupakan sangat penting dalam memantau arus kas  dan kinerja keuangan usaha. Dengan melakukan pencatatan secara teratur, pemilik UMKM dapat mengetahui pendapatan dan pengeluaran yang terjadi setiap hari ataupun setiap bulan. Hal tersebut dapat memudahkan dalam membuat laporan keuangan yang akurat dan mempermudah proses pengambilan keputusan bisnis yang tepat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah, I., & Sopiany, H. M. (2017). METODE PENELITIAN SURVEY. 87(1,2), 149–200.

Dewi, F. A., Nadeak, T., Dewi, F. A., & Nadeak, T. (n.d.). AKUNTANSI PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH ( UMKM ) DESA DAYEUHLUHUR. 2(1), 1592–1598.

Herawati, H. (2019). Pentingnya Laporan Keuangan Untuk Menilai Kinerja Keuangan Perusahaan. Akuntansi Unihaz - JAZ, 2(1), 16–25.

Luciana, L., & Gunawan, A. (2021). Penyusunan laporan keuangan berdasarkan SAK EMKM (Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah) dan pengukuran kinerja keuangan pada perusahaan jual beli barang bekas (Studi kasus pada PD. XYZ). Indonesian Accounting Literacy Journal, 1(2), 294–303. https://jurnal.polban.ac.id/ojs-3.1.2/ialj/article/view/2517

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). PT. Remaja Rosda Karya.

Muchid, A. (2017). penyusunan laporan keuangan umkm berdasarkan sak tanpa akuntabilitas publik (kasus pada ud.me bel novel .L DI BANYUWANGI. Skripsi.

Mulyani, A. S., Nurhayaty, E., & Miharja, K. (2019). Penerapan Pencatatan dan Laporan Akuntansi Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM). Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 219–226. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i2.5818

Ningtiyas, J. D. A. (2017). Penyusunan Laporan Keuangan UMKM Berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil dan Menengah (SAK-EMKM) (Study Kasus Di UMKM Bintang Malam Pekalongan). Riset & Jurnal Akuntansi, 2(1), 11–17.

Nurussofiah, F. F., Islamiah, & Arifin, M. (2023). Pengembangan Usaha Melalui Kelompok Usaha Bersama (KUB) Produsen Tape Di Desa Kramatagung Probolinggo. ENGAGEMENT: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 9–21. https://doi.org/10.58355/engagement.v2i1.13

Salatiga, J. D. (n.d.). PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN UNTUK USAHA KECIL DAN MENENGAH ( UKM ) BERBASIS STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN ENTITAS TANPA AKUNTABILITAS PUBLIK ( SAK ETAP ). 547–580.

Sugiono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan r&d.

Yuliawati, N. L. R., & Yudantara, I. G. A. P. (2022). Penyususnan Laporan Keuagan Berbasis SAK EMKM Dan Pengukuran Kinerja Keuangan Di Fortuna Handicraft. Ilmiah Mahasiswa Akuntansi, 13, 1332–1343.

Downloads

Published

2023-07-20

How to Cite

Lutfiyah Azizah, Dwi Sinta Amalia, Nadia Serliyana Alfaini, Hendri Hermawan Adinugraha, & Ade Gunawan. (2023). Pelatihan Pencatatan Akuntansi Pada UMKM Pondok Makan Sadewa Di Kawasan Kuliner Gemek Kedungwuni. ENGAGEMENT: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 106–114. https://doi.org/10.58355/engagement.v2i3.29

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.